Rabu, 23 Maret 2016

Jalur-jalur Masuk UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jalur-Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sayarif Hidayatullah

Pada tahun ini, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka banyak sekali jalur penerimaan mahasiswa baru, diantaranya adalah jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Bidikmisi, dan SPMB Mandiri.

Penjelasan dari masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah disebutkan di atas akan diberikan berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri disebut sebagai jalur seleksi undangan masuk ke PTN karena hanya sekolah yang mendapat undangan yang bisa mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya.

Tentunya siswa-siswi tersebut yang selalu berprestasi di sekolah yang ditunjukan pada setiap semester yang dapat dlihat melalui nilai rapor.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.snmptn.ac.id Calon peserta SNMPTN terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah ketika akan mendaftar SNMPTN.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya maka dapat anda baca di sini

2. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur undangan masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, ata STAIN. Seleksi SPAN-PTKIN dilaksanakan tanpa tes tertulis, namun dengan memberi penilaian terhadap prestasi calon peserta.

Pendaftaran SPAN-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di sini.

3. Pendaftaran SBMPTN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dikenal dengan jalur seleksi ujian tertulis penerimaan mahasiswa baru masuk ke PTN di Indonesia.

Seleksi jalur SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis yag diikuti oleh semua peserta SBMPTN. Untuk peserta yang memilih program studi bidang keolahragaan atau seni, maka harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat www.sbmptn.or.id Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN silahkan baca di sini .

4. Pendaftaran UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur ujian tertulis masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Untuk informasi selengkapnya mengenai UM-PTKIN, silahkan baca di sini.

5. Pendaftaran Bidikmisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

Bidikmisi dsebut juga sebagai biaya bantuan pendidikan. Bidikmisi ini diberikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari segi ekonomi serta memiliki kemampuan akademik yang baik

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan secara online ataupun offline. Pendaftaran beasiwa Bidikmisi dilakukan melalui alamat resminya, yaitu bidikmisi.dikti.go.id. Silahkan kunjungi alamat tersebut untuk mandapatkan informasi lebih lanjut.

6. Pendaftaran SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2016/2017

SPMB Mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka penerimaan calon mahasiswa baru.

SPMB Mandiri ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi program Sarjana dan Pascasarjana.

Persyaratan SPMB Mandiri Program Sarjana (S1)
  1. Lulusan Madrasah Aliyah, Pesantren, SMA dan yang sederajat tahun 2014, 2015 dan 2016.
  2. Calon peserta SPMB Mandiri 2016 dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi.
  3. Bagi yang memilih Paket Sains (Paket C), Paket CA (Sains dan Agama), Paket CB (Sains dan Sosial) harus dari Jurusan IPA.
  4. Bagi yang memilih Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) boleh dari Jurusan IPA dan IPS.
  5. Khusus pemilih :
    • Fakultas Dirasat Islamiyah harus lancar membaca Al-Quran, memiliki hafalan Al-Quran, dapat menulis, membaca dan memahami bahasa arab tingkat dasar.
    • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan tidak buta warna.
    • Program Studi Ilmu Keperawatan, tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm.
Prosedur Pendaftaran SPMB Mandiri
  1. Calon peserta SPMB Mandiri harus membayar biaya pendaftaran melalui Teller/ATM/Internet Banking/SMS Banking di Bank BTN, BNI, atau BRI.
  2. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta SPMB Mandiri akan menerima bukti pembayaran yang berisi User ID berupa angka sebanyak 8 (delapan) digit dan PIN berupa angka sebanyak 8 (delapan) digit.
  3. Calon peserta SPMB Mandiri melakukan pendaftaran secara online melalui alamat http://spmb.uinjkt.ac.id dengan menyiapkan:
    • User ID dan PIN SPMB Mandiri
    • File pas foto berwarna dengan background merah, berpakaian resmi, dan terbaru dengan wajah menghadap ke depan, ukuran 4 x 6 cm dengan resolusi sekurang-kurangnya 400 x 600 pixels, dan ukuran file maksimum 200 KB dalam format JPEG (*.jpg)
    • Pastikan komputer yang akan digunakan telah terkoneksi dengan jaringan internet dan aplikasi (software) pembaca file dokumen PDF telah terpasang / ter-install
Tata Cara Pendaftaran SPMB Mandiri
  1. Calon peserta harus memasukkan User ID dan PIN SPMB Mandiri pada form login, kemudian menekan tombol Login
  2. Calon peserta mengisi biodata pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Setelah proses pengisian biodata selesai, silahkan menekan tombol Simpan untuk mengakhiri proses pengisian biodata.
  3. Setelah selesai proses penyimpanan biodata, akan tampil file Kartu Peserta Ujian SPMB Mandiri yang dapat disimpan
  4. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian SPMB Mandiri dengan menekan tombol icon Printer di program Adobe Reader/Foxit Reader dan dibawa beserta kartu identitas pada saat ujian berlangsung.
Untuk informasi mengenai jalur SPMB Mandiri yang belum dimuat disini, silahkan langsung baca di alamat spmb.uinjkt.ac.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar